Yogyakarta ketika musim liburan mahasiswa tiba

Di Yogyakarta sebagai sebuah kota pendidikan menjadi tujuan mahasiswa dari berbagai daerah untuk kuliah. Di kota banyak berdiri perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, yang tersebar di beberapa wilayah. Walaupun dalam perkembanganya banyak perguruan tinggi tersebut membangun kampus-kampus baru mereka di luar kota Yogyakarta, seperti di wilayah Bantul, Sleman dan sekitarnya.

Banyaknya kampus yang ada di kota Yogya tentu membuat kota menjadi ramai oleh para perantau yang di dominasi oleh mahasiswa. Penduduk kampung yang berada di sekitar kampus banyak yang menyediakan tempat kost untuk para mahasiswa tersebut. Seringkali dalam sebuah kampung jumlah mahasiswa perantau yang tinggal (kost) disana lebih banyak daripada jumlah penduduk tetap.

jalan didepan sebuah kampus di Yogyakarta

Suasana jalan di depan sebuah kampus di Yogyakarta yang lengang ketika musim libur kuliah | Dok.

Ketika musim liburan kuliah, banyak mahasiswa perantau yang pulang ke kampung halaman mereka. Kepulangan para mahasiswa tersebut seolah membuat jumlah penduduk menjadi berkurang draktis.
Kampung-kampung sekitar kampus yang biasanya ramai, menjadi agak sepi. Karena yang tinggal hanya penduduk tetap dan beberapa mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan skripsi, sehingga tidak terpengaruh dengan liburan kuliah. Bahkan jalan-jalan di sekitar kampus pun terasa lengang.

Warung-warung yang biasanya ramai melayani mahasiswapun juga menjadi sepi. Bahkan tidak sedikit yang memilih tutup selama musim liburan.

Biasanya liburan tahun ajaran baru cukup lama, sehingga suasana tenang terasa cukup lama. Walaupun menjelang liburan kuliah berakhir, mulai banyak mahasiswa baru yang berdatangan untuk menjalani kegiatan pengenalan kampus. Namun jumlah mereka tidak terlalu banyak dibanding jumlah total mahasiswa yang ada.

Hal berbeda terjadi di beberapa tempat tujuan wisata. Karena justru pada musim liburan seperti ini, banyak rombongan pelajar dari berbagai daerah yang datang ke Yogyakarta untuk melakukan wisata, studi tour dan sejenisnya.

Namun keramaian karena kedatangan wisatawan hanya terkonsentrasi dibeberapa wilayah dan di jalan-jalan utama saja.

Jika ingin merasakan suasana yang berbeda di Yogyakarta, mungkin kita bisa berkunjung di daerah-daerah seputar kampus ketika musim libur kuliah tiba.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s