Inspirasi Dunia Sains di Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang menawarkan berbagai wahana sekaligus sarana pengembangan sains untuk siswa sekolah. Dengan hadirnya Taman Pintar yang disediakan Pemerintah Kota Yogyakarta ini, diharapkan mampu memotivasi generasi muda terutama siswa sekolah untuk mencintai sains sesuai kurikulum pendidikan.

Tempat Wisata di Jogja - Inspirasi Dunia Sains di Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Jogja berada tepat di depan Gedung bank Indonesia, atau sekitar 200 meter ke arah Timur perempatan Jalan Malioboro. Disini terdapat sejumlah wahana yang sifatnya mendidik sekaligus memperluas wawasan anak tentang dunia sains. Di Taman Pintar ini anak-anak usia pra sekolah hingga usia sekolah menengah bisa memperdalam pelajaran sains dalam kemasan rekreasi yang menyenangkan.

Sarana Pendukung program Pembelajaran Regular Sejak Dini

Gedung Taman Pintar Jogja awalnya adalah bekas pusat perbelanjaan yang kemudian direlokasi tahun 2004 silam. Setelah melewati beberapa tahap pembangunan, tempat ini baru diresmikan pada 16 Desember 2008 lalu. Peresmian atau Grand Opening dilakukan oleh Presden Ri Soesilo Bambang Yudoyono kala itu.

Prioritas utama pembangunan Taman Pintar Jogja ini untuk mendukung program pembelajaran secara regular di sekolah sejak usia dini, sekaligus mengembangkan kreativitas anak sehingga melahirkan inovator-inovator bidang teknologi di Indonesia. Dengan konsep ruang dalam kemasan rekreasi, diharapkan di Taman Pintar ini anak-anak tidak cepat bosan atau jenuh.

Taman Pintar Jogja terletak di Taman Budaya yang strategis dan dekat dengan Benteng Vredeburg serta Gedung Agung. Hal ini membuat Taman Pintar berfungsi lebih efektif sebab masih erat kaitannya dengan bangunan bersejarah disekitarnya. Dibagian belakang taman terdapat sejumlah ruko yang menyediakan beragam jenis buku baik fiksi maupun non-fiksi.

Wahana di Gedung Utama

Taman Pintar Jogja terdiri dari 3 buah gedung utama dimana setiap gedung memiliki wahana berbeda-beda.

  • Gedung Kotak

Di gedung yang berbentuk kotak terdapat sekitar 10 wahana / zona diantaranya: Zona Replika Candi Borobudur, Zona Pengolahan Susu, Zona Koleksi Tokoh Wayang, Zona Peraga Turbulensi, Zona Batik, Zona Teknologi Otomotif, Zona Air untuk Kehidupan, Zona Planning City, serta Zona Pengolahan Minyak Gas dan Bumi.

  • Gedung Oval

Di gedung berbentuk oval terdapat 12 wahana yaitu: Aquarium Air Tawar, Zona Cuaca Iklim & Gempa, Terowongan Ilusi, Zona Argo, Pojok Kreasi Sains, Zona Kehidupan Purba, ICT Melihat Bumi, Generator Pedal, Zona Nuklir, TV Trainer, Van De Graaf, serta Zona Teknologi Komunikasi.

  • Gedung Memorabilia

Di gedung memorabilia ini khusus berisi wahana untuk mengenang sejarah. 3 wahana didalamnya akan membawa memori pengunjung mengingat-ingat Sejarah Kesultanan Kraton, Kepustakaan Presiden serta Tokoh-tokoh Pendidikan.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk (non rombongan) di Taman Pintar Jogja adalah: Rp. 10.000 (anak-anak) dan Rp. 18.000 (dewasa). Taman Pintar Jogja buka setiap hari Selasa – Minggu jam 09.00 – 16.00 Wib. Hari Senin libur. Harga tiket masuk diatas belum termasuk tiket untuk wahana didalamnya.

Berikut harga tiket untuk wahana di Taman Pintar Jogja :

  • Wahana Theatre 3D – Rp. 20.000 (umum), Rp. 15.000 (pelajar), Rp. 15.000 (rombongan – minimal 20 orang)
  • Program Kreativitas – Kreasi batik Rp. 5.000 (dewasa & anak-anak), Kreasi Gerabah Rp. 5.000 (dewasa & anak-anak), Lukis Gerabah Rp. 10.000 (dewasa & anak-anak), Hand on Science Rp. 5.000 (dewasa & anak-anak), Presenter TV Rp. 10.000 (dewasa & anak-anak)
  • Planetarium – Wahana Planetarium dibuka untuk umum dengan tiket Rp. 15.000 per-orang (semua usia)
  • Wahana Bahari – Tiket untuk masuk Wahana Bahari Rp. 15.000 per-orang
  • Gedung Paud – Tersedia Gedung paud untuk anak-anak usia 2-7 tahun. Harga tiket Rp. 3.000 per-anak.

Tinggalkan komentar